Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

SEJARAH GEOMETRI : EUCLID HINGGA KONSEP GEOMETRI MODERN

Suci Frisnoiry (Universitas Negeri Medan)
Tiara Fatima Tuzzahra (Universitas Negeri Medan)
Titin Yemina Letare Pasaribu (Universitas Negeri Medan)
Tria Dita Utam (Universitas Negeri Medan)
Tricinta Yospin Wina Harianja (Universitas Negeri Medan)
Yasmin Risha Fadhilah (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri perkembangan geometri mulai dari kontribusi Euclid pada era kuno hingga geometri modern yang mencakup penerapan dalam era digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber primer dan sekunder yang relevan. Bagian awal membahas sumbangan Euclid dalam "The Elements" yang menetapkan dasar geometri Euclidean, dengan fokus pada definisi, postulat, dan teorema yang berperan penting dalam matematika selama berabad-abad. Selanjutnya, penelitian ini mengeksplorasi kemunculan geometri non-Euclidean, seperti geometri hiperbolik dan eliptik, yang didorong oleh ketidaksesuaian pada postulat kesejajaran Euclid. Di era modern, transformasi ini telah memicu berbagai aplikasi dalam teknologi digital, seperti grafika komputer, simulasi ruang, dan algoritma navigasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergeseran dari geometri Euclidean menuju non-Euclidean mengubah paradigma dalam matematika dan teknologi, menjadikannya relevan dalam perkembangan ilmu pengetahuan masa kini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...