Pada era digital, aplikasi mobile learning telah menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, terutama dalam penguasaan keterampilan praktik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi aplikasi mobile learning dalam mendukung pembelajaran berbasis praktik di perguruan tinggi. Dengan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai sumber akademik untuk mengeksplorasi desain aplikasi, efektivitas implementasi, dan tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mobile learning dengan fitur interaktif seperti simulasi, video tutorial, dan kuis adaptif dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa secara signifikan. Selain itu, fleksibilitas pembelajaran melalui aplikasi ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja, meningkatkan kemandirian dan keterlibatan mereka. Namun, keberhasilan implementasi mobile learning sangat dipengaruhi oleh kesiapan infrastruktur, kompetensi teknologi, dan pendekatan pedagogis yang relevan. Studi ini menawarkan kontribusi signifikan dalam mendukung strategi pembelajaran berbasis teknologi di perguruan tinggi dan mengidentifikasi celah penelitian untuk pengembangan lebih lanjut
Copyrights © 2024