Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode
VOLUME 01 NO 02 OKTOBER 2024

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD BUDI MURNI 1 MEDAN

Lasmaria Agnes Sinaga (Universitas Katolik Santo Thomas)
Stepi Agustina Sirait (Universitas Katolik Santo Thomas)
Sonia Gultom (Universitas Katolik Santo Thomas)
Harty Erima Br Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas)
Angela Mericci Alpa Manurung (Universitas Katolik Santo Thomas)
Gilberdh Saragih (Universitas Katolik Santo Thomas)
Ayu Destria Ginting (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Motivasi belajar memberikan kemudahan siswa dalam memahami materi terutama kelas VI dalam menjelang ujian akhir. Banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya dengan media pembelajaran berbasis quizizz. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap motivasi belajar siswa kelas VI menjelang ujian akhir sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 Siklus. Data diperoleh dari pengamatan, lembar kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diperoleh hasil penggunaan media pembelajaran quizizz mempengaruhi motivasi belajar, terbukti nilai rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal siswa sebesar 67 masuk dalam kategori tinggi meningkat pada siklus I menjadi 77 masuk dalam kategori tinggi dan siklus II menjadi 98 masuk dalam kategori sangat tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmsm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode adalah platform akademis yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam penggunaan media, strategi pembelajaran, dan metode pengajaran yang inovatif. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel ...