Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode
VOLUME 01 NO 05 APRIL 2025

PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Septeti Angges Br Sinuraya (Universitas Katolik Santo Thomas)
Vera Wati Br Tarigan (Universitas Katolik Santo Thomas)
Andrian Valentino Siregar (Universitas Katolik Santo Thomas)
Meikardo Samuel Prayuda (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa kelas IV di SD Masehi Berastagi. Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan akademik siswa, dan peran orang tua sebagai pendamping utama dalam proses pendidikan sangat berpengaruh dalam menumbuhkan semangat dan minat anak terhadap belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki pengaruh yang besar terhadap motivasi belajar siswa melalui perhatian, dukungan emosional, pemberian fasilitas belajar, serta apresiasi terhadap pencapaian anak. Namun, ditemukan juga beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu orang tua karena pekerjaan dan rendahnya pemahaman terhadap materi pelajaran. Kendati demikian, sebagian besar orang tua tetap berusaha memberikan dukungan dengan berbagai cara agar anak tetap termotivasi belajar. Penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi yang erat antara orang tua, guru, dan siswa menjadi kunci penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmsm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode adalah platform akademis yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam penggunaan media, strategi pembelajaran, dan metode pengajaran yang inovatif. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel ...