Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode
VOLUME 01 NO 05 APRIL 2025

IMPLEMENTASI MEDIA PEMEBELAJARAN PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 173514 SIBONGKAREH

Bernita Simanjuntak (Universitas Katolik Santo Thomas)
Naomi P. Simanjuntak (Universitas Katolik Santo Thomas)
Ernita Simatupang (Universitas Katolik Santo Thomas)
Meikardo Samuel Prayuda (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media pembelajaran proyektor dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri 173514 Sibongkareh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media proyektor dalam proses pembelajaran memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa. Siswa menjadi lebih antusias, aktif, dan mudah memahami materi pelajaran. Guru juga merasakan kemudahan dalam menyampaikan materi serta mengelola kelas. Media proyektor terbukti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga dapat menjadi solusi dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media proyektor sebagai strategi pembelajaran inovatif yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmsm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode adalah platform akademis yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam penggunaan media, strategi pembelajaran, dan metode pengajaran yang inovatif. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel ...