QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 2 (2025): 2025

Penerapan Metode Appreciative Inquiry Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Dalam Pelatihan Kewirausahaan

Fauziah Sri Wahyuni (Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Kalimantan Barat)
Patrisia Rahayu Utami (Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Kalimantan Barat)
Muhammad Nur Imanulyaqin (Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Rendahnya keaktifan peserta menjadi salah satu masalah pada proses pelaksanaan program pelatihan dan pendidikan entrepreneur langit di Doktor Parfum Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta pada program pelatihan kewirausahaan melalui metode Appreciative Inquiry. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan enam peserta sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi, dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Appreciative Inquiry meningkatkan keaktifan peserta dari 80,30% (Siklus 1) menjadi 90,70% (Siklus 3), dengan peningkatan signifikan pada partisipasi diskusi (42%), perencanaan usaha kreatif, dan interaksi fasilitator-peserta. Siklus 4-D Appreciative Inquiry (Discovery-Dream-Design-Destiny) berhasil membangun pengetahuan kolaboratif, sesuai prinsip andragogi dan konstruktivisme sosial. Kesimpulan Appreciative Inquiry mengubah pelatihan pasif menjadi pembelajaran partisipatif berbasis kekuatan yang terbukti meningkatkan keaktifan peserta serta merekomendasikan integrasinya dalam pendidikan kewirausahaan nonformal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...