QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 2 (2025): 2025

Strategi Penentuan Populasi dan Sampel dalam Penelitian Pendidikan: Antara Validitas dan Representativitas

Ulva Putri Ramadani (UIN Imam Bonjol Padang)
Raudhotul Muthmainnah (UIN Imam Bonjol Padang)
Nisa Ulhilma (UIN Imam Bonjol Padang)
Azzah Wazabirah (UIN Imam Bonjol Padang)
Rully Hidayatullah (UIN Imam Bonjol Padang)
Harmonedi Harmonedi (UIN Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Penelitian pendidikan yang berkualitas menuntut penentuan populasi dan pemilihan sampel yang tepat agar hasilnya valid dan dapat digeneralisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam konsep, jenis, dan teknik pemilihan populasi dan sampel dalam penelitian pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis lebih dari 25 sumber literatur ilmiah yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap jenis populasi baik terbatas maupun tak terbatas serta pemilihan teknik sampling yang sesuai, seperti probability dan non-probability sampling, sangat memengaruhi representativitas data. Penelitian juga menemukan bahwa tantangan seperti heterogenitas subjek, keterbatasan sumber daya, dan kesalahan dalam ukuran atau teknik sampling dapat berdampak pada validitas hasil. Strategi seperti perencanaan sampling yang cermat, penggunaan teknologi, serta validasi data dapat membantu mengatasi tantangan tersebut. Implikasinya, peneliti pendidikan perlu memiliki kompetensi dalam merancang strategi sampling agar hasil penelitian benar-benar mencerminkan realitas dan dapat digunakan dalam pengambilan keputusan berbasis bukti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...