Educativa: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 1 (2025): Vol. 3 No. 1 : Mei (2025)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MARKET PLACE DIBANTU TEKNOLOGI CANVA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DARUL AMANAH BEDONO

Raihan, Raihan Hisyam (Unknown)
Mustafidin, Ahmad (Unknown)
Hakim , Abdul (Unknown)
Aliwan (Unknown)
Arief Hidayatulloh, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di tingkat Madrasah Tsanawiyah sering menghadapi tantangan rendahnya minat dan partisipasi siswa akibat metode konvensional yang bersifat pasif, sering dianggap membosankan karena metode yang monoton dan minim partisipasi siswa, berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran Market Place yang dipadukan dengan media visual Canva guna meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX MTs Darul Amanah Bedono pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes evaluasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa secara signifikan, dari 31% pada pra-siklus, naik menjadi 54% pada siklus I, dan mencapai 100% pada siklus II. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, seperti keaktifan dalam diskusi, kemampuan menyampaikan ide melalui media visual, dan antusiasme mengikuti proses pembelajaran. Media Canva terbukti efektif mendukung penyajian materi secara kreatif dan menarik, memfasilitasi pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna. Dengan demikian, metode Market Place yang dibantu Canva tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar, tetapi juga membentuk suasana pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan. Strategi ini layak diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran SKI maupun mata pelajaran lainnya, khususnya yang bersifat abstrak atau historis, guna mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman mendalam siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educativa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Educativa: Jurnal Pendidikan Agama Islam is a printed and electronic scientific publication and is published every semester or twice a year in May and November. Copyright on the author. This journal contains the results of research, development and Islamic studies, the journal is published by ...