IPSSJ
Vol. 2 No. 03 Juni (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

MENINGKATKAN KETRAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI METODE PERMAINAN TRADISIONAL BOLA KASTI PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2024/2025

Yogam Prathista Hare Putra (Unknown)
Reo Prasetiyo Herpandika (Unknown)
Rina Agus Pambudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa proses pembelajaran PJOK pada SDN Sidomulyo Kecamatan Semen Kabupaten Kediri masih terdapat kendala, utamanya yakni kurangnya kreativitas dalam pembelajaran oleh sebab itu pembelajaran kurang efektif, dengan dibuktikannya nilai ketrampilan belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor peserta didik pada pelajaran PJOK melalui penerapan metode permainan tradisional bola kasti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan tiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 Siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui permainan tradisional bola kasti dapat meningkatakan keterampilan gerak lokomotor siswa dari hasil Pra-penelitian hanya 3 siswa yang tuntas atau hanya 10% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 27 atau 90%, maka diadakan siklus I dengan hasil 43% atau 13 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan yaitu 90% siswa yang sudah mencapai hasil optimal dalam ketrampilan gerak lokomotornya. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa juga telah meningkat dengan adanya modifikasi permainan bola kasti yang dirasa siswa permainan ini sangat menarik sehingga minat siswa dalam pelajaran PJOK semakin baik dan hasil belajar siswa juga meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...