Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus

Transformasi Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Menigkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMK

De Vega, Nofvia (Unknown)
Rafiqa, Syarifa (Unknown)
Ulfaika, Romlah (Unknown)
Gultom, Uli Agustina (Unknown)
Ridwan, Ridwan (Unknown)
Arifin, Arifin (Unknown)
Rianto, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diselenggarakan di SMK N 1 Tanjung Palas Timur dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang sektor pariwisata dan keterampilan berbahasa Inggris yang diperlukan dalam industri ini. Metode yang digunakan meliputi pemaparan materi, diskusi, dan kegiatan praktis seperti role play dan permainan interaktif yang bertujuan mendorong partisipasi aktif siswa. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan komunikasi dan pemahaman siswa tentang aspek-aspek pariwisata, termasuk perhotelan dan wisata lokal. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoretis tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan praktis yang penting untuk kesiapan mereka di dunia kerja. Dengan pengalaman yang diperoleh, siswa diharapkan lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan wisatawan dan dapat berkontribusi pada perkembangan sektor pariwisata di daerah mereka. Pengabdian ini berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan, khususnya dalam konteks pengajaran bahasa Inggris dan pemahaman sektor pariwisata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...