Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Press

EKSPLORASI TRADISI BEKARANG DI DESA PASAR TERUSAN: KEARIFAN LOKAL DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH DASAR

Haura Zakiyah Sanur (Universitas Jambi)
Paska JT (Universitas Jambi)
Iselia AW (Universitas Jambi)
Nova Liana (Universitas Jambi)
Anggun Saptiani (Universitas Jambi)
Faizah Mawaddah (Universitas Jambi)
Della Puspita (Universitas Jambi)
Intan Nuraini (Universitas Jambi)
Tasya MS (Universitas Jambi)
Indryanti Sulistia (Universitas Jambi)
Arief Rahman (Universitas Jambi)
Fadhilla Rahman (Universitas Jambi)
Riana Dia (Universitas Jambi)
Meliya NP (Universitas Jambi)
Natasya Salsabila (Universitas Jambi)
Dinda SP (Universitas Jambi)
Destrinelli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan tradisi bekarang di Desa Pasar Terusan, Kabupaten Batang Hari, dan untuk mengidentifikasi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang terkandung di dalamnya. Bekarang, kegiatan menangkap ikan secara komunal, memiliki makna sosial, spiritual, dan ekologis bagi masyarakat setempat. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara mendalam. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa bekarang mempromosikan nilai-nilai seperti kebersamaan, pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan, dan rasa terima kasih kepada alam. Meskipun terus dipraktikkan, tantangan seperti menurunnya minat kaum muda dan kurangnya dokumentasi yang sistematis mengancam kelestariannya. Selain itu, tradisi ini memiliki potensi untuk diintegrasikan ke dalam pendidikan seni budaya sekolah dasar, menawarkan pengalaman belajar kontekstual yang menumbuhkan kreativitas, memperkuat identitas lokal, dan mengembangkan karakter siswa. Oleh karena itu, pelestarian warisan budaya tidak hanya penting bagi kelangsungan budaya tetapi juga relevan dengan pengembangan pendidikan berdasarkan nilai-nilai lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...