Argopuro : Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa
Vol. 5 No. 6 (2024): Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa

PERANAN PSIKOLINGUISTIK DALAM PEMEBELAJARAN BAHASA ARAB

Fahriza Ramadhan (Unknown)
Zakiah Mardiah Nasution (Unknown)
Aulia Marhamah (Unknown)
Nur Azizah Putri (Unknown)
Sahkholid Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan psikolinguistik dalam pembelajaran bahasa Arab sebagaimana pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa kedua menjadi salah satu mata pelajaran wajib di Indonesia, baik dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, terkhusus pada lembaga pendidikan Islam, namun kajian berbahasa tidak dapat hanya dengan ilmu linguistik tetapi perlu dilengkapi dengan mental atau akal yaitu psikologi. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif desktiptif, dengan mengumpulkan data berdasarkan hasil studi pustaka yang berkaitan dengan kajian yang dibahas seperti buku, jurnal ilmiah, artikel dan dokumen lainnya yang mendukung pada penelitian ini, kemudian menjelaskan beberapa data yang telah didapati dan dikemukakan secara jelas. Temuan penelitian ini adalah bahwa psikolinguistik sangat berperan penting dalam pembelajaran bahasa Arab karena psikolinguistik menjadi kunci uatama dalam memahami aspek mental pemakaian bahasa, mengembangkan keterampilan komunikasi, dan mengatasi kendala yang mungkin timbul dalam keterampilan berbahasa siswa. Kata kunci : Psikolinguistik, pembelajaran bahasa Arab

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

argopuro

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Cahaya Ilmu Bangsa dan di terbitkan 6 kali dalam setahun yaitu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa sebagai sebuah jurnal ...