Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI INDUSTRI (PBL+I) UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA SISWA SMK

Bambang Sudarsono (Universitas Ahmad Dahlan)
Wegig Pratama (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Tingkat pengangguran dari lulusan SMK masih menempati posisi tertinggi. Pengangguran terjadi karena rendahnya kesiapan kerja siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah, menguji kelayakan dan efektifitas model. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian dan pengembangn (R&D) dengan subyek guru, ahli pembelajaran, praktisi industri dan siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, angket dan tes kinerja praktik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model PBL+i dapat meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan selama dua kali ujicoba dengan kriteria sangat baik. Model PBL+i yang diterapkan pada pembelajaran SMK akan berdampak terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang berbasis industri dan meningkatkan kualitas kemitraan industri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptm

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin ( P_ISSN: 2355-7389 , E_ISSN: 2656-5153 ) diterbitkan oleh Program Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun dan diterbitkan pada bulan Mei dan November. Jurnal ini berisi ...