Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model STEM-PjBL dan perangkat pembelajarannya berupa modul dan jobsheet untuk integrasi matakuliah Elemen Mesin Dinamis dan CAD/CAM Dasar yang valid, praktis dan efektif meningkatkan STEM-skills. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengambangan. Tahapan penelitian adalah pra-pengembangan, pengembangan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STEM-PjBL dapat meningkatkan STEM-Skill, yang terdiri dari kemampuan sains, teknologi, engineering, dan matematika. Model STEM-PjBL untuk materi roda gigi terbukti valid, praktis dan efektif untuk digunakan. Model STEM-PjBL dapat meningkatkan STEM-skills dengan menintegrasikan materi ajar beberapa matakuliah yang berkaitan dengan perancangan roda gigi dan aksesorisnya. Peningkatan STEM-Skills dapat diperoleh melalui model pembelajaran PjBL dangan berbasis STEM. PjBL sebaiknya dilakukan dengan mengintegrasikan lebih dari satu matakuliah, sehingga mahasiswa dapat memiliki komptensi yang komprehensif. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan integrasi yang lebih luas untuk beberapa matakuliah. Sehingga penguasaan mahasiswa terhadap suatu materi lebih komprehensif dan relevan dengan dunia industri
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025