Latarbelakang: Salah satu praktik yang sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi adalah menyikat gigi secara teratur dengan teknik yang benar. Di Indonesia, anak-anak sekolah dasar (SD) diharapkan menjadi kelompok yang terdidik secara baik tentang pentingnya perawatan gigi.Menyikat gigi merupakan salah satu perilaku hidup sehat. Perilaku yang benar dalam menyikat gigi mengacu pada Federation Dentaire Internationale (FDI) adalah kebiasaan menyikat gigi setiap hari, minimal dua kali sehari, sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur malam.Provinsi NTT memiliki prevalensi masalah kesehatan gigi dan mulut ≥50% berada dibawah prevalensi nasional, prevalensi menyikat gigi setiap hari ≥80% berada dibawah prevalensi nasional, prevalensi menyikat gigi yang baik dan benar ≥3% berada diatas prevalensi nasional.Tujuan:mengevaluasi pengetahuan anak-anak kelas IV dan V di SD Manefu tentang cara menyikat gigi dengan metode Bass, dan kemudian mengkaji hubungannya dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut mereka. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 30 responden yang diambil secara total sampling. Pengetahuan responden diukur melalui pengisian kuesioner yang berjumlah 15 pertanyaan dan penilaian kebersihan gigi dan mulut melalui perhitungan indeks PHP-M. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS,dan disajikan dalam tabel dan narasi. Hasil: pengetahuan tentang cara menyikat gigi dengan metode bass terhadap kebersihan gigi dan mulut pada anak SD kelas IV dan V mempunyai hubungan signifikan (bermakna). Hal ini dibuktikan nilai Sig.p 0.026 < α 0.05, yang berarti ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang cara menyikat gigi dengan metode bass terhadap kebersihan gigi dan mulut pada anak SD kelas IV dan V, Kesimpulan:pengetahuan tentang cara menyikat gigi dengan metode bass terhadap kebersihan gigi dan mulut pada anak SD kelas IV dan V mempunyai hubungan signifikan hal ini karena pengetahuan yang baik tentang kesehatan gigi mempengaruhi angka kebersihan gigi dan mulut siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024