Penelitian ini membahas tentang Peran Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan efektivitas belajar Siswa di SMP Negeri 2 Bitung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan efektivitas belajar Siswa di SMP Negeri 2 Bitung, faktor-faktor yang mendukung peran Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan efektivitas belajar Siswa di SMP Negeri 2 Bitung, dan faktor-faktor yang menghambat peran Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa di SMP Negeri 2 Bitung. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitataif (deskriptif). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.7 SMP Negeri 2 Bitung, kepala sekolah, Guru Bimbingan konseling, dan wali kelas IX.7. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa di SMP Negeri 2 Bitung adalah dengan cara membimbing, mengingatkan, mengarahkan, memberikan masukan serta semangat kepada siswa yang sedang menghadapi masalah sehingga siswa tersebut mendapatkan perhatian dan kenyaman. Faktor-faktor yang mendukung peran Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan efektivitas belajar Siswa di SMP Negeri 2 Bitung yaitu dari kepada sekolah dapat mengkoordinasi, menyediakan sarana dan prasarana, selalu ada Kerjasama antara kepala sekolah, wali kelas, dan orang tua. Faktor-faktor yang menghambat peran Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan efektivitas Belajar siswa di SMP Negeri 2 Bitung adalah kurangnya Kerjasama yang baik antara sekolah dengan orang tua.Kata kunci: Peran guru bimbingan konseling, meningkatkan efektivitas belajar siswa
Copyrights © 2023