Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya media pembelajaran PPT interaktif berbasis canva terhadap speaking skill pada siswa kelas 4 yang bertempatan di Sekolah Dasar Negeri 1 Rahayu Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Dalam desain ini populasi dibagi kedalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen Kelompok kontrol merupakan kelompok yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media PPT Interaktif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 1 Rahayu sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest dan data dianalisis menggunakan SPSS.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa media pembelajaran PPT Interaktif memiliki pengaruh terhadap Speaking Skill siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 1 Rahayu. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 61 dan setelah diberikan perlakuan kemudian dilakukan posttest nilai rata-rata adalah 68. Sedangkan pada kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest yang didapat adalah 60 kemudian setelah diberikan perlakuan dan diberikan posttest nilai rata-rata siswa yang didapat adalah 84. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan paired sample t test pada program SPSS, hasil hipotesis yang didapat dengan nilai sig0,000 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga penggunaan media pembelajaran PPT Interaktif terhadap Speaking Skill pada pembelajaran bahasa inggris siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 1 Rahayu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025