Kesulitan dalam menguasai konsep Biologi sering kali dikaitkan dengan banyaknya materi yang harusdipahami sehingga pada akhirnya dalam mempelajarinya lebih menekankan pada teknik menghafal.Pelajar umumnya memiliki berbagai gaya belajar yang berbeda saat mempelajari konsep tertentu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara gaya belajar denganpengetahuan awal mengenai konsep Biologi dasar. Gaya belajar diukur menggunakan angket VARKsedangkan pengetahuan awal diukur dengan menggunakan soal Biologi dasar dengan tipe pilihan ganda.Analisis data dilakukan dengan menggunakan Korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwasemua dimensi gaya belajar tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan pengetahuan awal Biologi (p> 0,05). Terdapat hubungan signifikan antar dimensi gaya belajar Auditori dan Read/Write sertahubungan sedang antara Auditori dan Kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaransebaiknya tidak hanya didasarkan pada gaya belajar individu, tetapi juga mempertimbangkan faktor lainseperti motivasi dan metode pengajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025