PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol. 5 No. 2 (2025): JANUARI-JUNI

IMPLEMENTASI MODEL CIPP UNTUK EVALUASI DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH

Rizki, Febi Akbar (Unknown)
Fahroni (Unknown)
Subandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Madrasah memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan siswa, namun masih menghadapi berbagai tantangan mutu pendidikan. Penelitian ini mempersoalkan bagaimana penerapan model evaluasi CIPP dapat membantu menilai dan memperbaiki kualitas pendidikan di madrasah secara menyeluruh.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi mutu pendidikan di madrasah menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, memanfaatkan wawancara mendalam dan studi literatur untuk mengumpulkan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah memiliki visi dan misi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tetapi masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan fasilitas pendukung, rendahnya pelatihan guru berbasis teknologi, serta dominasi metode pembelajaran konvensional. Rekomendasi mencakup peningkatan pelatihan guru, pengembangan fasilitas, penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi, dan penguatan kerja sama antara madrasah dan komunitas. Temuan ini menegaskan bahwa Model CIPP efektif dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan madrasah, sekaligus memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

profetik

Publisher

Subject

Religion Education

Description

PROFETIK: merupakan Jurnal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro, sebagai wahana komunikasi akademik dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang mencakup Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam, Pengembangan ...