Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Pelatihan Penggunaan ChatGPT Sebagai Asisten Pembelajaran Bagi Mahasiswa

Maharani, Ria (Unknown)
Arzuna, Pit (Unknown)
Nasution, Nurul Annisa Dewantari (Unknown)
Setyorini, Sulys (Unknown)
Zulpianto, Redi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2025

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk pelatihan penggunaan ChatGPT sebagai asisten pembelajaran bagi mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), yang menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pelatihan penggunaan ChatGPT sebagai asisten pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini yakni (1) Penelitian ini menunjukkan bahwa ChatGPT berperan sebagai platform pembelajaran yang inovatif bagi mahasiswa, khususnya dalam meningkatkan pemahaman materi, keterampilan berpikir kritis, serta efektivitas dalam penyelesaian tugas akademik. Penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran memberikan manfaat signifikan, seperti akses cepat terhadap informasi, umpan balik instan, serta peluang interaksi berbasis AI yang membantu mahasiswa dalam memahami konsep secara lebih mendalam (2) Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan ChatGPT sebagai asisten pembelajaran bagi mahasiswa memberikan dampak positif dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar. Mahasiswa yang mengikuti pelatihan mampu memahami berbagai fitur ChatGPT dan menggunakannya untuk mendukung proses akademik, seperti mencari referensi, menyusun tulisan, serta memahami materi perkuliahan dengan lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...