Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk pelatihan penggunaan ChatGPT sebagai asisten pembelajaran bagi mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), yang menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pelatihan penggunaan ChatGPT sebagai asisten pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini yakni (1) Penelitian ini menunjukkan bahwa ChatGPT berperan sebagai platform pembelajaran yang inovatif bagi mahasiswa, khususnya dalam meningkatkan pemahaman materi, keterampilan berpikir kritis, serta efektivitas dalam penyelesaian tugas akademik. Penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran memberikan manfaat signifikan, seperti akses cepat terhadap informasi, umpan balik instan, serta peluang interaksi berbasis AI yang membantu mahasiswa dalam memahami konsep secara lebih mendalam (2) Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan ChatGPT sebagai asisten pembelajaran bagi mahasiswa memberikan dampak positif dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar. Mahasiswa yang mengikuti pelatihan mampu memahami berbagai fitur ChatGPT dan menggunakannya untuk mendukung proses akademik, seperti mencari referensi, menyusun tulisan, serta memahami materi perkuliahan dengan lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025