Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMA Negeri 1 Singaraja

Christio Rabi Agung (Unknown)
I Nengah Suastika (Unknown)
Anak Agung Istri Dewi Adhi Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang diinternalisasi melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Negeri 1 Singaraja, mengetahui dampaknya terhadap sikap dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses internalisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler PMR mampu menginternalisasi nilai-nilai karakter seperti disiplin, kerja keras, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kegiatan tersebut berdampak positif terhadap perubahan sikap dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari, seperti meningkatnya kedisiplinan, rasa empati, dan tanggung jawab. Namun, dalam memeuhi hal tersebut terdapat beberapa kendala, seperti rendahnya partisipasi siswa, keterbatasan anggaran, dan tantangan dalam pengelolaan waktu kegiatan. Meskipun demikian, PMR tetap menjadi wadah yang efektif dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan yang partisipatif dan berorientasi pada kemanusiaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...