Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Analisis Perkembangan Life Skill Anak Usia Dini Ditinjau dari Pola Asuh Ibu Bekerja

Chasya Aghniarrahmah (Unknown)
Rizki Maulita (Unknown)
Rahmadhania Rizanty (Unknown)
Nanda Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Life skill atau kecakapan hidup merupakan keterampilan yang perlu distimulasi sejak usia dini melalui penerapan pola asuh yang tepat pada anak. Namun kondisi Ibu bekerja membuat orang tua membutuhkan pihak kedua untuk mengasuh anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan life skill anak usai dini ditinjau dari penerapan pola asuh pada ibu bekerja. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September hingga Desember 2024 di Bandar Lampung, Depok, dan Pekanbaru dengan menggunakan 3 subjek penelitian yaitu S (4), B (5), dan A (4) yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi kasus dengan menggunakan analisis data Miles and Hubberman. Data pada penelitian didapatkan melalu wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan life skill yang ditunjukkan oleh anak yang merupakan dampak dari pola asuh yang berbeda-beda. Untuk mencapai kemampuan life skill anak yang optimal diperlukan konsistensi dan kepercayaan antara ibu, pengasuh dan juga anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...