Life skill atau kecakapan hidup merupakan keterampilan yang perlu distimulasi sejak usia dini melalui penerapan pola asuh yang tepat pada anak. Namun kondisi Ibu bekerja membuat orang tua membutuhkan pihak kedua untuk mengasuh anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan life skill anak usai dini ditinjau dari penerapan pola asuh pada ibu bekerja. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September hingga Desember 2024 di Bandar Lampung, Depok, dan Pekanbaru dengan menggunakan 3 subjek penelitian yaitu S (4), B (5), dan A (4) yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi kasus dengan menggunakan analisis data Miles and Hubberman. Data pada penelitian didapatkan melalu wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan life skill yang ditunjukkan oleh anak yang merupakan dampak dari pola asuh yang berbeda-beda. Untuk mencapai kemampuan life skill anak yang optimal diperlukan konsistensi dan kepercayaan antara ibu, pengasuh dan juga anak.
Copyrights © 2025