Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam memimpin akan berdampak kepada kinerja guru serta dalam hal menciptakan suasana lingkungan sekolah yang nyaman serta kondusif. Oleh sebab itu penerapan kepemimpinan transformasional dilingkungan sekolah bagi seorang kepala sekolah haruslah tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam praktik kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam membangun kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengikuti model Miles dan Huberman. Prosedur penelitian dimulai dari tahap persiapan, penyusunan proposal, dan pembuatan instrumen penelitian. Peneliti melaksanakan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan pengumpulan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah, secara nyata menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dalam kepemimpinannya. Keempat dimensi utama dari gaya kepemimpinan ini yakni idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration terlihat dalam interaksi dan pendekatan kepala sekolah terhadap guru-guru di sekolah tersebut.
Copyrights © 2025