Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Peserta Didik dalam Pendidikan Islam

Darwis, Muhajir (Unknown)
Rahmadani, Zaitun (Unknown)
Hoini, Nur (Unknown)
Husna Harefa, Walida (Unknown)
Hani, Aliffaa (Unknown)
Syafi’i, Arnanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Peserta didik merupakan objek utama di dalam ranah pendidikan Islam. Dalam pandangan Islam, peserta didik bukan hanya objek, tetapi juga subjek aktif yang memiliki potensi fitrah, akal, dan ruhani yang harus dikembangkan secara seimbang. Pendidikan Islam bertujuan membentuk insan kamil (manusia sempurna) dengan karakter religius, etis, dan intelektual. Oleh karena itu, pendekatan pendidikan Islam terhadap peserta didik menekankan pada pembinaan spiritual, moral, dan ilmu pengetahuan secara terpadu. Peran pendidik sangat penting dalam membimbing peserta didik sesuai tahap perkembangan usia dan kemampuan mereka. Artikel ini membahas konsep peserta didik dalam pendidikan Islam, karakteristiknya, serta prinsip-prinsip pembinaan yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...