Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Kepemimpinan Pendidikan Islam: Implementasi Nilai-nilai Islami dalam Manajemen Lembaga Pendidikan

Putri Anantasari Barus (Unknown)
Syahbudin (Unknown)
Tiara Fadiyah Rambe (Unknown)
Ade Khofipah Indah Harahap (Unknown)
Raihani (Unknown)
Via Adelia Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Kepemimpinan pendidikan Islam merupakan aspek fundamental dalam pengembangan lembaga pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep kepemimpinan pendidikan Islam, karakteristik pemimpin yang efektif, serta implementasinya dalam lembaga pendidikan modern. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan pendidikan Islam memiliki karakteristik unik yang mengintegrasikan kompetensi manajerial dengan nilai-nilai spiritual Islam. Pemimpin pendidikan Islam efektif harus memiliki sifat amanah, adil, bijaksana, dan menjadi teladan. Implementasi kepemimpinan pendidikan Islam memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan, pembentukan karakter siswa, dan penciptaan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Kepemimpinan pendidikan Islam tidak hanya fokus pada pencapaian akademik tetapi juga pembentukan karakter Islami holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...