At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam
Vol. 7 No. 2 (2025): Ahwal Syakhsiyah, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI RAUDHOTUL JANNAH

Salsabilla, Tiara (Unknown)
Kasja Eki Waluyo (Unknown)
H. Masykur H. Mansyur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Raudhotul Jannah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode NHT mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, membangun kerja sama antar siswa, dan membantu pemahaman materi SKI secara lebih mendalam. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan waktu dan kesiapan siswa dalam bekerja kelompok, namun secara keseluruhan penerapan metode ini memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

thullab

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and ...