Film “Buya Hamka” adalah film yang bergendre religi dari sutradaraoleh Fajar Bustomi yang mengisahkan tentang kehidupan Buya Hamka dari masa kecil hingga dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah yang digunakan dalam film Buya Hamka dan untuk mengetahui semiotika dalam strategi dakwahyang ada dalam film Buya Hamka. Penelitian ini menggunakan jenispenelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan cara kerja mengumpulkan data, unit analisis dengan mengambil unitisasi, ketegorisasi dan analisis data. Sumber data tersebut juga data asli atau data baru yang diperoleh dari file video atau film Buya Hamka. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah: Metode dakwah bil- hal, metode dakwah bil-lisan dan metode dakwah bil qolam atau bil-khitabah. Bil-hal merupakan metode dakwah dengan menggunakan aksi nyata dari perbuatan (akhlak), Bil-lisan merupakan metode dakwah dengan menggunakan perkataan, Bil-khitabah merupakan metode dakwah dengan menggunakan tulisan. Dan memnag terdapat metode dakwah bil-hal dalam film Buya Hamka.
Copyrights © 2025