BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR: LITERATURE REVIEW

Malanita, Evatriana (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Rafianti, Wahdah Refia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar memegang peranan penting dalam membentuk pemahaman siswa terhadap fenomena alam dan mengembangkan keterampilan abad ke-21. Namun, metode pengajaran tradisional yang cenderung berpusat pada teori dan hafalan sering kali tidak efektif meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA. Salah satu inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah penerapan model Project-Based Learning (PjBL), yang melibatkan siswa dalam penyelesaian proyek nyata. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model PjBL terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar melalui tinjauan 20 jurnal yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara konsisten meningkatkan hasil belajar IPA siswa, dengan rata-rata peningkatan signifikan pada berbagai penelitian. Kesimpulan menunjukkan bahwa PjBL adalah pendekatan pembelajaran yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...