Penanaman karakter peduli lingkungan sejak sekolah dasar merupakan langkah strategis dalam menghadapi perubahan iklim dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG 4 dan 13). Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pembentukan karakter peduli lingkungan peserta didik kelas IV di SDN 32 Ampenan dengan menelaah peran lingkungan keluarga, sekolah, dan nilai-nilai agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep peduli lingkungan (rata-rata nilai pengetahuan 8 dari 10), serta menunjukkan sikap dan praktik yang positif (rata-rata skor 34,64 dan 36,64 dari 40 poin). Program Adiwiyata dan pembelajaran tematik berkontribusi dalam pembentukan karakter ini, meskipun pelaksanaannya belum maksimal. Tantangan muncul dari lingkungan rumah yang belum mendukung perilaku ramah lingkungan dan nilai-nilai keagamaan yang masih sebatas teori. Temuan ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan yang efektif memerlukan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat agar dapat mewujudkan kebiasaan hidup berkelanjutan pada peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025