Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan keterampilan 4C dalam pembelajaran fisika. Efektivitas ini dilihat dari kemampuan 4C, yaitu Berpikir Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, dan Komunikasi. Latar belakang penelitian ini adalah karena banyaknya pembelajran fisika yang lebih menekankan penguasaan konsep, sehingga kurang menarik minat belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan multimedia interaktif yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis, kreatif , kolaboratif dan komunikatis siswaa melalui penggunaan gambar, video, dan animasi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kuantitatif, dan penelitian ini berfokus pada pengaruh multimedia interaktif terhadap materi fisika di jenjang SMP dan SMA. Proses pemilihan artikel dilakukan dengan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis). Peneliti menggunakan 15 referensi dari tahun 2017-2024, yang diperoleh dari Google Scholar dan Publish or Perish. Hasil kajianĀ didapatkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis, kreatif,kolaborasi, komunikasi siswa.
Copyrights © 2024