Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 19 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan UNIGA

Memahami Tahap Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini (RA NURUL HUDA)

nur azizah, Annisa (Unknown)
Ima Siti Rahmawati (Unknown)
Risbon Sianturi (Unknown)
Rida Hermawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memahami tahap perkembangan moral anak usia dini. Untuk pengumpulan data kami menggunakan metode observasi non-partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk memahami perkembangan moral anak usia dini harus mengetahui tahap-tahap perkembangannya terlebih dahulu. Sebagai pendidik dan orangtua sangat diharuskan memahami tahap-tahap perkembangan anak usia dini, karena dengan memahami tahap perkembangan anak usia dini orangtua ataupun pendidik dapat membantu anak mengembangkan kemampuan moral yang baik dan menjadi individu yang berkarakter positif, selain itu memahami tahap perkembangan anak usia dini juga dapat membantu anak usia dini memahami dan mengikuti aturan yang dibuat oleh orang dewasa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak, maka dari itu penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik ataupun orangtua harus memberikan contoh yang baik serta mengenalkan anak kepada lingkungan yang baik sehingga tahap perkembangannya dapat berkembang dengan baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan orangtua ataupun pendidik sebagai acuan untuk mengetahui dan mempelajari lebih banyak mengenai tahap-tahap perkembangan anak.   Kata-kata Kunci : Tahap perkembangan, moral anak, memahami.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...