el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 8, No 1 (2025): el ibtidaiy

ANALISIS KONSEPTUAL TENTANG PENERAPAN KURIKULUM KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR

Tamarin, Vina (Unknown)
-, Sukiman (Unknown)
Yuliarsih, Tiara (Unknown)
Ubaidillah, Sofwan Roif (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis penerapan kurikulum kontekstual di sekolah dasar dengan fokus pada strategi implementasi dan tantangan yang dihadapi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan guru-guru sekolah dasar, penelitian ini mengungkapkan bahwa keberhasilan implementasi kurikulum kontekstual bergantung pada kemampuan guru dalam mengintegrasikan pengalaman nyata siswa ke dalam pembelajaran, pemanfaatan teknologi, dan kolaborasi dengan orang tua. Tantangan utama meliputi keterbatasan waktu, sumber daya, dan keterampilan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran, namun memerlukan dukungan sistematis dari berbagai pemangku kepentingan untuk optimalisasi implementasinya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...