Journal of Lifelong Learning (JOLL)
Vol 8 No 1 (2025)

TBM KOLONG DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK : PERAN LITERASI DALAM PENGEMBANGAN NILAI SOSIAL

Nadlira Nurazkia (Unknown)
Ila Rosmilawati (Unknown)
Dadan Darmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Permasalahan akses pendidikan dan pembentukan karakter anak-anak marginal di Indonesia, khususnya yang tinggal di wilayah kolong jembatan dan permukiman kumuh perkotaan, masih menjadi tantangan yang cukup serius. Penelitian ini menganalisis manfaat gerakan literasi TBM Kolong Ciputat dalam pembentukan karakter anak marginal. Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif untuk mengungkap manfaat kegiatan literasi TBM Kolong bagi anak dan masyarakat marginal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, anak-anak peserta didik di TBM Kolong telah memperoleh berbagai manfaat signifikan dari partisipasi mereka dalam program literasi berbasis inklusi sosial. Manfaat tersebut mencakup pengalaman belajar yang menyenangkan, peningkatan kreativitas, pengembangan keterampilan komunikasi dan sosial, serta peningkatan kesadaran akan isu-isu sosial, budaya, dan lingkungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JOLL Journal Of Lifelong Learning encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education, including Education for Human Resources Development, Community Empowerment, Social Entrepreanurship, and Family Education by means of nonformal and informal ...