Permasalahan akses pendidikan dan pembentukan karakter anak-anak marginal di Indonesia, khususnya yang tinggal di wilayah kolong jembatan dan permukiman kumuh perkotaan, masih menjadi tantangan yang cukup serius. Penelitian ini menganalisis manfaat gerakan literasi TBM Kolong Ciputat dalam pembentukan karakter anak marginal. Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif untuk mengungkap manfaat kegiatan literasi TBM Kolong bagi anak dan masyarakat marginal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, anak-anak peserta didik di TBM Kolong telah memperoleh berbagai manfaat signifikan dari partisipasi mereka dalam program literasi berbasis inklusi sosial. Manfaat tersebut mencakup pengalaman belajar yang menyenangkan, peningkatan kreativitas, pengembangan keterampilan komunikasi dan sosial, serta peningkatan kesadaran akan isu-isu sosial, budaya, dan lingkungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025