Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 12, No 1 (2025): JPP PAUD Untirta

Systematic Literature Review: Integrasi Model Pembelajaran Area dengan Pendekatan STEAM dalam PAUD

Putri, Jenniva Septiyani (Unknown)
Sianturi, Risbon (Universitas Pendidikan Indonesia)
Syamila, Hasna (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nuraeni, Karista Meilinda (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rohmah, Shifa Nur (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

PAUD merupakan fase penting dalam perkembangan anak yang membutuhkan strategi pembelajaran menyeluruh, mencakup aspek akademik, sosial, emosional, dan motorik. Penelitian ini menelaah integrasi model pembelajaran area dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam konteks PAUD. Kajian ini beranhkat dari kebutuhan pendekatan yang kontekstual dan sesuai dengan dunia anak atau bermain. Metode yang digunakan adalah systematic literature review terhadap artikel-artikel relevan selama sepuluh tahun terakhir yang membahas pembelajaran area dan penerapan STEAM di PAUD. Hasil studi menunjukkan bahwa keduanya dapat diintegrasikan dan diharapkan mampu mendorong keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi sejak usia dini. Selain itu, pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar yang eksploratif dan bermakna, mendorong anak lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran. Integrasi STEAM dalam pembelajaran area dapat menjadi rekomendasi strategi efektif dalam mendukung perkembangan anak secara holistik di lembaga PAUD, serta relevan diterapkan dalam berbagai konteks pembelajaran anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpppaud

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (JPPPAUD) is a scientific journal published by Early Childhood Teacher Education Departement (PGPAUD), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). This journal publishes the latest articles in the fields of Early Childhood Education. ...