Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui kegiatan Kampus Mengajar dengan fokus utama pada peningkatan keterampilan literasi siswa kelas V di Sekolah Dasar. Metode pelaksanaan mencakup beberapa tahapan, antara lain pemberian informasi awal kepada pihak sekolah, survei dan observasi lapangan, pendampingan manajemen sekolah terutama dalam aspek pembelajaran, serta pelatihan dan penerapan teknologi untuk mendukung kinerja guru. Hasil awal menunjukkan rendahnya minat baca dan kemampuan literasi siswa, yang disebabkan oleh keterbatasan fasilitas belajar serta minimnya pendampingan dari guru dan orang tua. Untuk mengatasi persoalan tersebut, tim pengabdian menerapkan serangkaian strategi intervensi, seperti pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, kelas tambahan membaca untuk siswa yang belum lancar, kegiatan mendongeng menggunakan metode read aloud, serta Loka Carita sebagai media pengembangan kreativitas menulis siswa. Evaluasi program dilakukan melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang menunjukkan peningkatan literasi siswa sebesar 12%. Hasil ini menegaskan bahwa pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, dan kolaboratif yang diterapkan melalui kegiatan Kampus Mengajar mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan literasi siswa di sekolah dasar
Copyrights © 2025