Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5–6 tahun melalui penggunaan media stiker huruf di TK Negeri Pembina Mauponggo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus, masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 anak kelompok B yang terdiri dari 9 laki-laki dan 9 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase pencapaian indikator membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase anak yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 44,44%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II dengan penyempurnaan strategi dan penggunaan media stiker huruf secara lebih efektif, ketuntasan meningkat menjadi 88,88%. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam mengenal huruf, membuat suku kata, dan menghubungkan kata dengan gambar. Dengan demikian, penggunaan media stiker huruf terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini di TK Negeri Pembina Mauponggo.
Copyrights © 2025