Cakrawala
Vol 4, No 1 (2025)

Efektivitas implementasi strategi REACT berorientasi etnomatematik terhadap kemampuan literasi visual matematis siswa SMP

Utomo, Edy Setiyo (Unknown)
Rahman, Fatchiyah (Unknown)
Maf'ulah, Syarifatul (Unknown)
Hadi, Muhammad Ali Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi strategi REACT yang berorientasi etnomatematik terhadap kemampuan literasi visual matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian siswa kelas 7 di SMPN 2 Peterongan Jombang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol yaitu rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen sebesar 83,62 dan rata-rata hasil posttest siswa kelas kontrol sebesar 71,43. Selanjutnya, hasil pengujian uji N-Gain menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan strategi REACT berorientasi etnomatematik memperoleh hasil N-Gain sebesar 83,15% dengan kategori efektif. Sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung memperoleh hasil N-Gain sebesar 55,16% dengan kategori kurang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi strategi REACT berorientasi etnomatematik terhadap kemampuan literasi visual matermatis siswa SMP dapat dikatakan berhasil dan efektif. Diharapkan guru dapat menerapkan strategi REACT pada beberapa materi matematika dengan mengintegrasikan konteks yang lebih konkret supaya siswa dapat memperoleh pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics

Description

CAKRAWALA Jurnal Ilmiah Bidang Sains merupakah wahana komunikasi ilmiah di bidang Sains yang mencakup lintas bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Pendidikan ...