JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting
Vol 8, No 1 (2025): Maret 2025

PENGARUH REVIEW PRODUK DAN AFFILIATE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI SHOPEE

Musdalifa, Musdalifa (Unknown)
Sunatar, Bambang (Unknown)
Karfin, Karfin (Unknown)
Ahriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh review produk dan affiliate marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pengguna shopee di Kota Sorong dengan minat beli sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini kuesioner dengan teknik accidental sampling digunakan untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian adalah konsumen pengguna shopee di Kota Sorong dengan jumlah sampel sebanyak 85 Responden. Teknik analisis data penelitian menggunakan sofware Smartpls versi 4.1.0.2. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Review produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 2) Affiliate marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 3) Review produk berpengaruh terhadap minat beli, 4) Affiliate marketing berpengaruh terhadap minat beli, 5) minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 6) minat beli mampu memediasi pengaruh review produk terhadap keputusan pembelian, 7) minat beli mampu memediasi pengaruh affiliate marketing terhadap keputusan pembelian. ABSTRACTThe aim of this research is to determine the influence of product reviews and affiliate marketing on consumer purchasing decisions of Shopee users in Sorong City with purchase interest as an intervening variable. This research uses quantitative methods with an associative approach. Data collection in this research was a questionnaire with accidental sampling technique used to collect data. The population in the study were Shopee consumers in Sorong City with a sample size of 85 respondents. The research data analysis technique uses Smartpls software version 4.1.0.2. The results of this research are: 1) Product reviews have no effect on purchasing decisions, 2) Affiliate marketing has an effect on purchasing decisions, 3) Product reviews have an effect on buying interest, 4) Affiliate marketing has an effect on buying interest, 5) Buying interest has an effect on decisions purchasing, 6) purchasing interest is able to mediate the influence of product reviews on purchasing decisions, 7) purchasing interest is able to mediate the influence of affiliate marketing on purchasing decisions.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jemma

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan serta dampaknya pada kinerja karyawan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. ...