Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 4, No 1 (2025): Januari-Maret

PERAN SENI DRAMA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Darma, Budi (Unknown)
Sutardi, Edi (Unknown)
Sundhari, Rine (Unknown)
Prusdianto, Prusdianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Seni drama merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam mendukung perkembangan anak usia dini, terutama dalam aspek kreativitas dan sosial-emosional. Melalui drama, anak-anak dapat mengekspresikan diri secara bebas, mengembangkan imajinasi, serta belajar berinteraksi dengan teman sebaya dalam lingkungan yang menyenangkan. Kegiatan drama memberikan pengalaman bermain peran yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi berbagai emosi, situasi sosial, serta berpikir secara kritis dan inovatif. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran seni drama dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan sosial-emosional anak usia dini. Dengan menggunakan metode studi literatur, hasil penelitian menunjukkan bahwa seni drama berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, serta keterampilan dalam memahami dan mengelola emosi. Selain itu, seni drama juga membantu anak dalam mengembangkan empati, kerja sama, serta membangun hubungan sosial yang positif dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, seni drama perlu diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan anak usia dini agar dapat mendukung perkembangan mereka secara holistik dan optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

botinglangi

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan diterbitkan oleh Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Boting Langi menerbitkan karya ilmiah hasil penelitian seni dan pendidikan seni. Redaksi menerima artikel belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format ...