ABSTRAK –Penelitian ini dilatarbelakangi terbatasnya sumber belajar dan belum tersedianya sumber referensi berbasis teknologi untuk mahasiswa Pendidikan Tata Busana, sehingga menyebabkan proses pembelajaran belum maksimal. Tujuan penelitian untuk menghasilkan e-book interaktif mata kuliah unit produksi dengan menerapkan sistem hybrid learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan IDI (Instruksional Development Institute). Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh dosen pengampu dan mahasiswa. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data adalah data deskriptif yang mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-book interaktif mata kuliah unit produksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Tersedianya e-book interaktif mata kuliah unit produksi, (2) e-book interaktif unit produksi dinyatakan sangat valid pada aspek materi media (0,90) dan aspek format e-book (0,85), (3) e-book interaktif mata kuliah unit produksi berdasarkan respon dosen dinyatakan sangat praktis (89,%) dan berdasarkan respon mahasiswa dinyatakan sangat praktis (87%), (4) e-book interaktif unit produksi dinyatakan efektif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa (15,5%). Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa e-book interaktif mata kuliah unit produksi ini valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran pada mata kuliah unit produksi ditingkat Perguruan Tinggi. Kata Kunci: E-Book, Interaktif, Unit Produksi, Hybrid Learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025