Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 2 No. 6 (2023): Desember 2023

Edukasi Intensif Sekolah Ramah Anak Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Rendah SDN Pamulang Indah

Fitria Rosmi (Unknown)
Pratiwi Kartikasari (Unknown)
Siska Yuningsih (Unknown)
Luciana Anggraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu catur dharma dalam Perguruan Tinggi Muhammadiyah, kegiatan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pamulang Indah. Bullying menjadi salah satu konsen para pengamat pendidikan baik di tingkat sekolah dasar, maupun perguruan tinggi. Bullying atau perundungan sangat meresahkan semua pihak, meningkatnya kasus perundungan atau bullying seiring berjalannya waktu perlu adanya tindakan khusus dari pihak keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar. Bullying berdampak buruk bagi kesehatan mental, psikologi, fisik, maupun kemampuan belajar siswa. Para pelaku dan korban bullying perlu mendapatkan pendampingan orangtua, guru, dan psikolog. Edukasi intensif sekolah ramah anak menjadi salah satu wadah untuk menjembatani dan meminimalisir trauma korban bullying. Ada beberapa langkah dalam mencegah perilaku bullying agar tidak terulang kembali dengan melakukan konsultasi, pelatihan, seminar, kegiatan-kegiatan positif lainya agar siswa tidak ada waktu luang yang terbuang sia-sia sehingga diharapkan dapat meminimalisir dan mencegah terjadi perilaku bullying di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...