Optimalisasi pelayanan publik di Kantor Kelurahan Fandoi, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor dalam meningkatkan kepuasan masyarakat sampai pada tingkat optimalnya perlu ditingkatkan sehingga mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat apabila dilayani dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana optimalisasi pelayanan di Kantor Kelurahan Fandoi, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data kualitatif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di Kantor Kelurahan Fandoi belum optimal dimana Sarana dan prasarana kurang mendukung terutama ketersediaan komputer yang kurang memadai, Kehandalan/Perhatian Pelayanan masih perlu ditingkatkan karena respon pegawai dalam memberikan pelayanan belum optimal sehingga terhambat, Daya Tanggap/Kecepatan pelayanan perlu ditingkatkan terutama pada fasilitas pendukung, Jaminan/Kompetensi Pegawai masih perlu ditingkatkan karena masih ada pegawai yang kurang memahami penggunaan komputer sehingga kurang maksimal dalam memberikan pelayanan; dan Empati/Perilaku Kerja Pegawai sudah cukup baik karena pegawai sudah mengetahui kebutuhan masyarakat di Kelurahan Fandoi. Selain itu, keterbukaan para staf dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat perlu ditingkatkan, terutama transparansi pelayanan tanpa membeda-bedakan antara masyarakat Kelurahan Fandoi.
Copyrights © 2025