IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 1 No. 4 (2025)

Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 112 Pacciro Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone

Rukayah, Rukayah (Unknown)
Rahmi, Sitti (Unknown)
Fajrin, Andi Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Sekolah dasar merupakan jenjang awal dalam sistem pendidikan formal yang bertujuan membekali anakanakdengan kemampuan dasar seperti membaca, menulis, berhitung, serta pemahaman dasar tentang ilmupengetahuan dan nilai-nilai sosial, sekaligus membentuk karakter yang tangguh sebagai bekal menujujenjang pendidikan selanjutnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan mediapembelajaran wordwall terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 112 PacciroKecamatan Ajangale Kabupaten Bone. Metofe penelitian ini kuantitatif, pre-experimental design denganteknik One-Group Pretest-Posttest. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media pembelajaran wordwall(X), sedangkan variabel terikat adalah minat belajar Bahasa Indonesia siswa (Y) dengan subjek penelitiansebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwarata-rata nilai pre-test siswa yaitu 55,44 sedangkan rata-rata nilai post-test siswa yaitu 66,68. Kesimpulan daripenelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran wordwall terhadapminat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 112 Pacciro Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...