Pembelajaran yang mengandung nilai pendidikan karakter dapat mengoptimalkan pengembangan kemampuan peserta didik dalam membentuk peradaban manusia yang baik, dengan mengandung nilai kebhinekaan global dapat mengembangkan sikap, dan etika yang menghargai dan memahami keragaman budaya dan perbedaan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil analisis muatan nilai kebhinekaan global pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber penelitian dari Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan dan data dari muatan nilai subelemen kebhinekaan global. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan temuan nilai berkebhinekaan global pada materi dan kegiatan belajar dalam Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan yaitu Subelemen mengenal dan menghargai budaya 65%, Subelemen komunikasi dan interaksi antarbudaya 31%, Subelemen refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan 57%, dan subelemen berkeadilan sosial 54%.
Copyrights © 2025