Pendekatan pembelajaran adalah suatu titik tolak ukur atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, yang didalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsep diri dengan kestabilan emosi pada siswa SMA di SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Partisipan berjumlah 186 siswa yang meliputi kelas X, XI, XII. Teknik Pengumpulan data menggunakan skala likert untuk mengukur variabel konsep diri dan kestabilan emosi. Pada hasil uji normalitas Kolmogrov-Smirnov menunjukkan hasil dari sig.= 0,200 > 0,05 yang berarti memiliki nilai yang berdistribusi normal. Sedangkan pada uji linearitas hasil dari sig. = 0,575 > 0,05 yang berarti memiliki hasil nilai yang linier. Pada analisis korelasi yang dilakukan terdapat hasil analisis diperoleh r = 0,404 dengan sig. = 0,000 yang berarti ada korelasi antara konep diri dengan kestabilan emosi.
Copyrights © 2025