Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 22 No 1 (2025): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Hubungan Antara Konsep Diri (Self Concept) Dengan Kestabilan Emosi Pada Siswa SMA

Rahmawati, Tri (Unknown)
Mudhar, Mudhar (Unknown)
Setiawati, Siti Ma’rifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Pendekatan pembelajaran adalah suatu titik tolak ukur atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, yang didalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsep diri dengan kestabilan emosi pada siswa SMA di SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Partisipan berjumlah 186 siswa yang meliputi kelas X, XI, XII. Teknik Pengumpulan data menggunakan skala likert untuk mengukur variabel konsep diri dan kestabilan emosi. Pada hasil uji normalitas Kolmogrov-Smirnov menunjukkan hasil dari sig.= 0,200 > 0,05 yang berarti memiliki nilai yang berdistribusi normal. Sedangkan pada uji linearitas hasil dari sig. = 0,575 > 0,05 yang berarti memiliki hasil nilai yang linier. Pada analisis korelasi yang dilakukan terdapat hasil analisis diperoleh r = 0,404 dengan sig. = 0,000 yang berarti ada korelasi antara konep diri dengan kestabilan emosi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on Guidance and Counseling Islamic, Counseling Multicultural, School Counseling, Counselor Education, Child and Adolescent Counseling, Adult ...