Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 22 No 1 (2025): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Penerapan Layanan Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Mengatasi Keterlambatan Siswa Kelas 8 SMP Negeri 32 Surabaya

Fitriyah, Nur Khofifah (Unknown)
Aulia, Mega Putri (Unknown)
Hidayatillah, Tri Prihatin (Unknown)
Yati, Linda (Unknown)
Syihabuddin, Moch Farkhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri dalam mengatasi keterlambatan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Surabaya sebelum dan sesudah intervensi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pengumpulan data melalui dokumen dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik manajemen diri efektif mengatasi keterlambatan belajar siswa. Rata-rata skor disiplin belajar meningkat dari 43,17 pada pretest menjadi 69,83 pada posttest atau meningkat 26,67 poin. Analisis uji-t berpasangan dengan menggunakan SPSS versi 25 menghasilkan nilai t sebesar 19,635 yang lebih besar dari nilai t kritis sebesar 2,571 pada df=5, yang menunjukkan pengaruh yang signifikan secara statistik. Dengan demikian, teknik manajemen diri dalam konseling kelompok sangat efektif dalam mengurangi keterlambatan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Surabaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on Guidance and Counseling Islamic, Counseling Multicultural, School Counseling, Counselor Education, Child and Adolescent Counseling, Adult ...