Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 2 (2025): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri

Wahyuni, Bela Sisra (Unknown)
Lestari, Robby Jundi (Unknown)
Zuailan, Zuailan (Unknown)
Sumiarni, Nanin (Unknown)
Nurhasan, Abdul Kodir (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan upaya guru dalam mengelola kelas VA di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sarolangun yang menghadapi kondisi kurang kondusif, seperti tingkat kebisingan yang tinggi, kebersihan kelas yang rendah, dan keterbatasan fasilitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 14 bentuk tindakan pengelolaan kelas yang dikategorikan ke dalam 9 strategi inti, yaitu pemberian tugas mandiri dan penanaman disiplin, kesiapan dan perencanaan pembelajaran, pembangunan hubungan emosional dengan siswa, stimulasi berpikir kritis, pembinaan spiritual, pemahaman karakter individu siswa, pendampingan dan konseling, pemanfaatan media pembelajaran, serta kolaborasi aktif dengan kepala sekolah. Strategi-strategi tersebut secara nyata membantu menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, dan produktif, sekaligus mencerminkan profesionalisme guru dalam menghadapi keterbatasan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...