Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Pematangsiantar. Peneliti menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design. Desain penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design karena memilih satu kelas dari seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:Kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar sebelum menggunakan media audio visual berada pada kategori cukup, dengan nilai rata-rata 68,68. Setelah penerapan media audio visual, kemampuan menulis puisi siswa meningkat ke kategori baik, dengan nilai rata-rata 79,91. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang jelas dalam kemampuan menulis puisi siswa setelah penggunaan media pembelajaran audio visual.Berdasarkan analisis rubrik penilaian, terdapat peningkatan skor pada semua aspek penilaian sesudah penerapan media audio visual. Data sebelum penerapan menunjukkan jumlah skor keseluruhan 2413 dengan nilai rata-rata 68,68, dengan rincian skor pada aspek amanat sebesar 510 (rata-rata 21,13), tema sebesar 507 (rata-rata 21,01), imaji sebesar 466 (rata-rata 19,31), gaya bahasa sebesar 458 (rata-rata 18,98), dan diksi sebesar 472 (rata-rata 19,56). Setelah penerapan media audio visual, skor meningkat menjadi 2797 dengan nilai rata-rata 79,91, dengan rincian skor pada aspek amanat sebesar 582 (rata-rata 20,80), tema sebesar 581 (rata-rata 20,77), imaji sebesar 543 (rata-rata 19,41), gaya bahasa sebesar 549 (rata-rata 19,62), dan diksi sebesar 542 (rata-rata 19,37). Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual membantu siswa memperjelas ide, memperbaiki struktur bahasa, serta meningkatkan kreativitas dalam penggunaan diksi dan gaya bahasa. Diketahui terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Hal ini terbukti setelah dilakukan uji hipotesis paired sample t-test, di mana diperoleh hasil t_hitung = 9,89 > t_tabel = 1,690 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menyatakan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024