Jurnal Ilmiah Al-Hadi
Vol 11 No 1 (2025): Juli - Desember

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN FIQIH MAWARIS DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KECAMATAN HAMPARAN PERAK

Lubis, Sakban (Unknown)
Tumiran, Tumiran (Unknown)
Yunan, Muhammad (Unknown)
Rahayu, Sinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Fiqih Mawaris yang diterapkan di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Fiqih Mawaris sebagai bagian dari ilmu Fiqih memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi, sehingga memerlukan pendekatan pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memahami dan menerapkannya dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru mata pelajaran Fiqih dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, yaitu ceramah dan penugasan, dengan sedikit penerapan metode kontekstual atau praktikum. Meskipun sebagian siswa mampu memahami konsep dasar pembagian waris, namun secara umum efektivitas pembelajaran masih tergolong sedang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi metode, minimnya media pembelajaran yang mendukung, serta keterbatasan waktu alokasi mata pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Fiqih Mawaris.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alhadi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Al-Hadi is a scientific publication that efforts to facilitate academic articles and scholarly writings of a number studies in empirical research in the field of Islamic Studies. Jurnal Ilmiah Al-Hadi is open to academics, students, researchers, and practitioners who are interested in ...