Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila-Rahmatan Lil Alamin (P5RA), mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan P5RA, dan meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan P5RA di madrasah. Pengabdian ini menggunakan metode service learning dengan lima tahapan, yaitu identifikasi kebutuhan, perencanaan kegiatan, implementasi, refleksi, dan tindak lanjut. Hasil identifikasi kebutuhan menunjukkan ada 47% guru yang belum memahami Kurikulum Merdeka, dan 22% guru yang belum siap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di madrasah, dengan 59% guru menyatakan kurangnya pelatihan sebagai alasan. Pengabdian dilaksanakan di empat Kabupaten di Jawa Barat meliputi Kab. Subang, Kab. Sumedang, Kab. Tasikmalaya dan Kab. Garut dengan jumlah peserta 155 guru madrasah. Hasil tes pengetahuan guru sebelum dan sesudah pelatihan menunjukkan ada peningkatan yang signifikan. Hasil refleksi bersama menunjukkan bahwa guru makin siap dalam melaksanakan P5RA di madrasah. Tindak lanjut dari pengabdian ini adalah proses bimbingan dan konsultasi intensif di tiap sekolah secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025